Diary of YD's

Wedding Review

Bolehkah Menikah Beda Agama?

Leave a Comment

Apa yang kalian pikirkan ketika membaca judul postingan ini?

Sedikit intermezzo sejenak, untuk kali ini sedikit mengupas perihal pernikahan beda agama.
Apakah boleh menikah dengan pasangan yang berbeda agama?

Pada tahun 2012 lalu, ada film berjudul Cinta Tapi Beda, film ini di sutradarai oleh Hanung Bramantyo dan Hestu Saputra. Film ini dibintangi oleh Agni Pratistha, Reza Nangin, Choky Sitohang, dan masih banyak lagi. (ga hafal... :P)

Kenapa kok tiba-tiba ngebahas beginian? Memang sih awalnya ingin membahas vendor, venue, hingga segala hal persipan untuk menikah.

Tapi, apakah kalian menyadari? Di antara kita banyak yang saling menjalin hubungan, namun berbeda agama. Menurut ku topik ini bisa aku ulas, karena aku memiliki beberapa teman yang bermasalah mengenai ini.


Aku sempat search di google, ternyata ada situs konsultasi mengenai Pernikahan Beda Agama.
Kalau mau iseng-iseng baca, bisa intip ke link berikut ini http://nikahbedaagama.org/
Bisa konsultasi pada saat pra nikah, persiapan pernikahan, hingga setelah menikah.

Sebenarnya boleh ga sih nikah beda agama?

Tidak baru-bau ini kita menemui kasus ini, para penikmat infotainment sering disuguhkan berita tentang perkawinan selebriti yang mengundang kontroversi. Di Indonesia, pernikahan beda agama ini mengundang kontroversi. :)

Pasangan pengantin jika keduanya berbeda agama, perkawinan mereka tersebut tidak dapat dicatatkan secara resmi oleh Kantor Catatan Sipil. Untuk memperoleh legalitas perkawinan dapat di dapatkan di sejumlah negara, dan pasti 99% berhasil. Contohnya banyak selebriti WNI yang memperoleh legalitas perkawinan di Australia, Singapura, dan Hong Kong. Biasanya setelah mendapatkan legalitas dari luar negeri, dapat mencatatkannya di Indonesia.

Ada informasi yang aku dapatkan dari situs hukum, bahwa UU Perkawinan tidak melarang perkawinan lintas agama, malah telah mengaturnya dalam Bab XIII tentang Perkawinan Campuran pada Pasal 57 pada gagasan pertama yaitu 'perkawinan antara dua orang yang di Indonesia tunduk pada hukum yang berlainan.

Nahloh? Binggung ga tuh... 

Namun, di hukum agama tertentu memang melarang secara mutlak perkawinan beda agama. Misalnya, hukum Islam yang melarang wanita Islam menikah dengan pria yang bukan beragama Islam, tetapi membolehkan pria Islam menikahi wanita beragama lainnya. Agama lainnya yang secara penuh melarang pemeluknya melakukan perkawinan lintas agama adalah Katolik dan Hindu.

Yah, Cinta Beda Agama memang rumit.. :(

Ohya, pada Juni 2015 kemarin ada berita di salah satu media online yang sempat aku baca.

Ada pengajuan permohonan uji materi ke Mahkamah Konstitusi, terhadap Pasal 2 ayat 1 UU No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Namun permohonan tersebut di tolak oleh MK, dikarenakan nikah beda agama itu bertentangan dengan konstitusi.

Dianggap pernikahan beda agama dapat mengganggu keyakinan pasangan/ orang lain. Pernikahan itu merupakan proses sosialisasi spiritual dan sosial, tak hanya masalah cinta.

Polemik beda agama memang tidak akan pernah selesai sepertinya...
Jadi kalau menurut aku sebaiknya jangan menikah beda agama, karena akan ada banyak hal masalah di kemudian hari. Seperti contohnya anak, spiritual mereka akan terpecah atau adanya ketidak jelasan.

Aku punya teman kantor, kantor lama ku.. :)
Dia sempat curhat, kalau dia dengan suaminya beda agama, dia Katolik dan suaminya Kristen Protestan.

Sebenarnya terlihat tidak berbeda jauh, tapi muncul masalah ketika anak sudah beranjak besar.
Awal pernikahan, mereka berkomitment kalau agama untuk anak akan dibebaskan, biar anak yang memilih. Dan setiap minggu akan ke gereja secara bergantian.

Apa yang terjadi?

Setelah menikah dan anak semakin besar, mereka berebutan mengajak anak mereka ke gereja masing-masing. mereka mengingini anaknya memiliki agama sama dengannya.

Jujur sekarang aku kurang tau, bagaimana kelanjutan ceritanya.. :(
Semoga menemukan titik terang, karena anaknya baru TK, belum tau apa2.

Kemudian ada cerita lagi, teman beragama Katholik dan pacarnya Muslim.
Mereka sudah berpacaran mungkin hampir 2 tahun lamanya, entahlah bagaimana kedepannya.
Teman ku berencana ikut pacarnya, menjadi muslimah.

Hanya saja masih dipertimbangkan dengan segala macam hal.

Sepertinya intermezzo nya sampai disini dulu, admin blognya mau pulang dulu..
HAHAHAHAA

Bye, Happy weekend..

Sumber berita ini di sadur dari Wikipedia dan HukumOnline.com
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar