Diary of YD's

Wedding Review

Urus Surat Nikah, N1-N4 Expired!!!! Oh NO!!!

26 comments


Hi...

Sudah lama ga posting.. udah berapa hari yah?
Beberapa hari ini aku padat banget..
Anyway hari ini aku mau posting beberapa informasi yang aku dapet di minggu ini.

Pertama soal pengurusan dokumen Nikah..
Bagi capeng yang ingin mengurus ini, selamat menikmati!hahaha
Karena agak ribet mengurus ini, kecuali kamu deket/ kenal orang kelurahan dan catatan sipil.hahaha

Nemu di internet, ada SOP nya ternyata..hhaha
Calon ku udah mengurus dokumen nikah..
kalau aku lebih suka mencari info2 dulu..hehe

Nah, tanggal aku udah dapet. Mungkin dibahas pada posting berikutnya aja kali yah...

Untuk pengurusan dokumen bisa kamu cek di google, banyak referensinya kok..
Aku jabarin dikit ya.. :)

1. Minta surat pengantar dari RT/RW tempat kamu dan pasangan kamu tinggal
Agak rempong ne, secara RT/RW ku benar-benar sibuk kerja.. Jadi kalau mau ketemu weekend. Hemmm..



2. Minta surat surat dari kelurahan
Disini harus hati-hati, para capeng mesti teliti. Karena kadang mereka ga kasih lengkap. Jadinya kan repot bolak baliknya..

Jadi bawa ke kelurahan dokumen berikut :
  • Surat pengantar dari RT/RW bawa ke kelurahan
  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Surat Pernyataan belum pernah menikah (diatas materai 6rb) bikin sendiri, contoh banyak di internet.
Setelah semua oke, nanti mereka kasih deh form N1, N2, N3, N4.

Perlu diketahui, tiap kelurahan ga selalu sama ukuran kertasnya, jadi ga usah di persoalkan perihal ukuran kertas. yang peting isinya..

Disini kamu mesti teliti, karena salah ketik nama/ nomor ktp/ bahkan alamat bisa saja terjadi.
Contohnya pasangan saya, revisi 2x. Karena salah penulisan nama orang tua, trus yang kedua salah spasi. Yaaa Tuhan. Endingnya dia print sendiri trus di tunjukin kesalahan bagian mana dan harus diubah seperti apa.

3. Setelah dapet form2 tersebut, langsung bawa dokumen ke KUA. buat bikin surat numpang nikah. Dari KUA akan dibuatkan surat pengantar numpang nikah ke tempat yang mau kamu tumpangi.

INGAT!
Pengurusan harus 3bulan sebelum pernikahan. Karena N1-N4 ada masa expirednya..
Nah, klo expired.. ada yang bisa di legalisir ulang ke KUA atau di buat ulang lagi.

Karena pasangan aku terlalu niat. alhasil N1-N4 dia harus di buat ulang lagi.. Hemmm
Jadi para capeng, tidak perlu tergesa2, 3 bulan sebelum pernikahan baru bikin.

Nah, kalau udah bikin.. Bearti masing2 pasangan. Kamu dan calon mu masing-masing mengurus semua surat. Nanti kamu dan calon kamu bakal punya 2 dokumen sama :
  • Dokumen Asli form N1-N4
  • Dokumen Asli Surat Keterangan dari KUA setempat
  • Surat pernyataan belum menikah dengan materai 6rb
  • Foto berwarna 2x3 = 4pcs (umumnya biru)
  • Fotocopy KTP = 1 lembar
  • Fotocopy KK = 1 lembar
Dokumen ya di siapkan dalam 1 map. :)

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

26 komentar:

  1. haloo, Salam kenal yahhh :)
    aq wedding bulan depan, tapiii udah ngurus N1,N2,N4 dari Desember 2014 loh ..hahahaha
    emang sih ada yg bilang kalo surat itu ada Expirednya, tapiiii ada yg bilang lagii selama data kita gak berubah, masih valid buat dipakai kok :)
    Happy Preparation yaaa dari Blog tetangga
    Derryoct.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sis mau tanya. aku ud urus surat n1 n2 n4 dll tu dr maret. padahl merit okt. jd masi berlaku kan? ga ad mslh slama data ga brubah?

      Hapus
  2. Expired kah? Really..aku br mw urus..
    Derry blg ga expired..hmm..yg mana ni yg hrs aku ikutin?
    Males jg kl aku urus trs hrs ngulang..secara cami itu org luar kota .kn kasian bolak balik buat urus ini

    BalasHapus
  3. hi Derry & Ricka,

    Wah baru ngeh ada Derry.. Thanks udah mampir.. :)
    Soal info dokumen, aku dapet informasi dari pengurus VIhara dan calo pengurusan dokumen.hehehe disarankan mengurus 3bln sebelum acara.

    Ricka : Thanks udah mampir. wahh nikah kapan sis? Aku Agustus baru ngurus..hehehe
    Jadi dari sekarang udah urus venue, bridal. Pas 3bln sebelum merid rencana mau urus dokumen. :)

    Pasangan ak udah urus. dia nunggu ak proses pengajuan urus dulu. klo ga bisa, pakai calo aj dah... :P

    BalasHapus
  4. Halo..
    Kalo bole tau 3 bulan itu sebelum pernikahan agama (pemberkatan) atau sebelum pencatatan sipil ya??

    BalasHapus
  5. Halo..
    Kalo bole tau 3 bulan itu sebelum pernikahan agama (pemberkatan) atau sebelum pencatatan sipil ya??

    BalasHapus
  6. hallooo,,,aq rencana mau nikah bulan juni 2018 sedangkan aq posisi d luar negri n KTP indo udah kadaluarsa,gimana nih? sdgkan cuti indo waktunya mepet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hub email dokumenjasa1@gmail.com bs sy bantu semua kesulitan dlm mengurus dokumen

      Hapus
    2. gmna caranya jika sudah expired sbab pengurus pihak llaki mengatakan tidak bisa?

      Hapus
  7. Saya Mau Tanya Gan Saya Sudah Mengurus Surat N1 N2 Dan N4 Dari Pemerintahan Asal Setempat Saya Di Kab.Langkat Kec.Sei-Lepan Sumatra Utara Dan Sudah Saya Lampirkan Ke Kantor Kua Aceh Timur Peurlak Dari Tanggal 22 Bulan Mei 2017. Tak Lama Saya Melampirkan Berkas Tersebut Saya Mendapat Musibah Kecelakaan Parah Dan Koma. Tapi Kini Saya Sudah Sembuh 75% Dan Saya Mau Melanjutkan Numpang Nikah Saya Di Kantor Kua Aceh Timur Pada Tanggal 28 Maret 2018 Nanti.
    Yang Saya Mau Tanyakan Apakah Surat Numpang Nikah Saya Masih Berlaku Apa Tidak Gan. Mohon Bantuanya Ya Gan.

    BalasHapus
  8. Saya Mau Tanya Gan Saya Sudah Mengurus Surat N1 N2 Dan N4 Dari Pemerintahan Asal Setempat Saya Di Kab.Langkat Kec.Sei-Lepan Sumatra Utara Dan Sudah Saya Lampirkan Ke Kantor Kua Aceh Timur Peurlak Dari Tanggal 22 Bulan Mei 2017. Tak Lama Saya Melampirkan Berkas Tersebut Saya Mendapat Musibah Kecelakaan Parah Dan Koma. Tapi Kini Saya Sudah Sembuh 75% Dan Saya Mau Melanjutkan Numpang Nikah Saya Di Kantor Kua Aceh Timur Pada Tanggal 28 Maret 2018 Nanti.
    Yang Saya Mau Tanyakan Apakah Surat Numpang Nikah Saya Masih Berlaku Apa Tidak Gan. Mohon Bantuanya Ya Gan.

    BalasHapus
  9. Kalo udah Expired tu n1n4, apa harus ulang dari rt lagi?
    Apa langsung k kua?
    Trima kasih

    BalasHapus
  10. Aduh ribet juga ya....gengs. intinya kalo ada yg bs urus cepat lwt calo/ prantara kira2 abis brp duit ya..soalnya sibuk sibuk dan sibuk..mo urus sendiri.

    BalasHapus
  11. Aq nyimak aja. Sambil nambah pengetahuan...

    BalasHapus
  12. Surat NA itu ada masa expirednya tah

    BalasHapus
  13. Klau ada kesalahan di surt izin nmpng nikah apkah bsa kita prbaiki,atau kita lporkan k pihk trkai kak? Misal slh nulis kec.tgl lahir

    BalasHapus
  14. Haii sist ....
    Aku mau nanya dong ?

    Aku kan nikah dibulan januari tetapi Rt dirumahku ini menyarankan utk proses pembuatannya sekarang jadi kadaluarsa atw tidak yaa .

    Beliau khawatir karna banyak'a pernikahan dibulan tersebut & takut tidak dpt penghulu sesuai dijam yg kita inginkan ?

    BalasHapus
  15. Mau tanya. Apakah surat pengantar dari rt itu wajib kita bawa? Atau bisa langsung ke kelurahan urus dokumen n1-n4?

    BalasHapus
  16. Ngurua kaya gini.. bisa via calo gak gan... Ane sibuk banget soalnya...

    BalasHapus
  17. Saya merit bulan depan terimakasih :)

    BalasHapus
  18. Klo lebih dari 3bl 10hr kira" masih berlaku gak ya.. soalnya saya udah urus" dokumennya semua..

    BalasHapus
  19. Kadaluarsa surat Andon nikah itu berapa lama ya?.......

    BalasHapus
  20. Hallo Brides & Grooms to be, Buat kalian yang sedang mencari gedung pernikahan full carpet dan nyaman, HIS Balai Sartika Convention Hall Bandung bisa jadi pilihanmu. Selain gedung pernikahan kalian juga tidak perlu repot lagi mencari wedding planner dan wedding organizer, catering, dekorasi, MC, fotografi, prosesi adat, rias busana, wedding car, musik entertainment. Tinggal pilih vendor yang kalian inginkan aja. Dapatkan free undangan 500pcs, souvenir 500pcs dan logam mulia 5gram, tanpa diundi! Info lebih lanjut bisa hubungi Zulfa (WA 089611648377).

    BalasHapus
  21. Mau tanya, mohon kiranya agar bersedia untuk menjawab. Saya sudah mengurus surat n1, n2, n4 di tahun 2017. Pada saat itu ada halangan sehingga pernikahan di batalkan. Apakah surat itu masih bisa saya pake di tahun 2020 ini? Terima kasih

    BalasHapus
  22. saya mau tanya , klo ngurus berkas cpw itu harus nunggu berkas cpp dlu atau tidak perlu ,

    BalasHapus